Daarul Uluum, Istana Pengetahuan Dan Kebijaksanaan

Bertekad menjalankan misinya dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penyiaran Islam, baik khusus maupun umum, dalam bentuk seluas-luasnya.

KALUNG PERMATA PROSA BARZANJĪ BAGIAN KE-8

Dengan inayah (Allah) Tuhan Pemelihara, pertumbuhan Muhammad saw. dalam sehari adalah sebanding dengan anak lainnya dalam sebulan. Beliau telah berdiri dengan kedua kakinya di (usia) tiga bulan dan telah berjalan di (usia) lima bulan. Beliau pun menjadi kuat di (usia) sembilan bulan dan mampu berbicara dengan fasihnya.

Dalam penyusuan Halīmah itu, dua malaikat membedah dada mulia Muhammad saw., lalu mengeluarkan dan membuang darinya segumpal darah, tempat persemayaman syetan. Dengan air yang sejuk, kedua malaikat itu mencuci dada beliau, memenuhkannya dengan hikmah, makna-makna, dan keimanan, menutupnya kembali, lalu mencapnya dengan cap kenabian. 

Kedua malaikat itu, selanjutnya, menimbang Muhammad saw. dengan seribu orang terbaik dari umatnya. Maka, sejak masa kanak-kanaknya, beliau pun tumbuh dengan kesempurnaan sifat-sifatnya. 

Halīmah, kemudian, karena resah, memulangkan Muhammad saw. kepada ibunya, khawatir sesuatu yang menakutkan akan menimpa.

Halīmah pernah mengunjungi Muhammad saw. di masa setelah pernikahan beliau dengan Khadijah, tokoh wanita yang memukau itu. Beliau menghadiahinya pemberian yang banyak. 

Halīmah pun pernah mengunjungi Muhammad saw. di hari Perang Hunain. Ketika wanita itu mendekat, beliau segera berdiri, menghamparkan serban mulianya, isyarat luasnya hamparan kebajikan beliau. Lalu, beliau pun menyapanya.

Riwayat shahih menyatakan, bahwa Halīmah memeluk Islam bersama suami, anak-anak, dan cucu-cucunya. Sejumlah perawi terpercaya, bahkan, memasukkan dirinya ke dalam kelompok sahabat. 

———-

Harumkanlah, wahai Allah, kubur beliau yang mulia itu dengan semerbak aroma wangi shalawat dan salam.


PESANTREN DAARUL ULUUM
BOGOR

Menyelami naskah sastrawi ‘Iqdul Jawhar (Kalung Permata), karya as-Syaikh Ja’far al-Barzanjī Bin Hasan Bin ‘Abdil Karīm.

IQBAL HARAFA, S.Ag