Daarul Uluum, Istana Pengetahuan Dan Kebijaksanaan

Bertekad menjalankan misinya dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penyiaran Islam, baik khusus maupun umum, dalam bentuk seluas-luasnya.

Sosok Pendidik dan Tugas Mulianya

Pendidik/guru adalah pewaris.” Demikian yang disampaikan oleh Ustadz Badri Sanusi , dalam sesi pembekalan untuk MGMP Umum di Daarul Uluum Kampus 2 Nagrak, tanggal pada 14 Januari 2021 lalu.

Pendidik/guru sebagai pewaris mengemban tugas yang tak bisa dikatakan sederhana. Tugas guru selain sebagai pembawa amanah ilmu juga bertugas untuk membawa amanah rabbani. Amanah rabbani antara lain, bertugas untuk mendidik, memelihara, mengurus, dan yang paling penting membawa Sifat Ketuhanan. Selain itu, membawa sifat para nabipun menjadi bagian tugas lain dari seorang pendidik/guru.

Di Pesantren Daarul Uluum Bogor, tugas pendidik/guru selain melaksanakan pendidikan, dan syiar, juga melakukan transfer ilmu serta nilai kepada para santri.” lanjut Ustadz Badri Sanusi. Transfer ilmu dan nilai ini diwujudkan dalam proses pembelajaran yang bukan sembarang pembelajaran. Ada tujuan yang menjadi titik bidik yang harus menjadi titik fokus para pendidik di Pesantren Daarul Uluum Bogor, yaitu mengubah perilaku santri menjadi lebih baik sebagaimana yang telah dituangkan dalam Visi, Misi dan Tujuan.

Pencapaian tujuan ini bukanlah hal sederhana dan mudah, akan tetapi tak sulit pula untuk diwujudkan.” Ustadz Badri Sanusi kembali menambahkan. “Ingatlah selalu ada keberkahan di dalam setiap proses belajar mengajar.” Ujar Ustadz Badri saat mengakhiri sesi pembekalan.

Semoga kita semua dikaruniai sikap istikamah dalam menjalankan peran sebagai pendidik. Āmīn yā Allāh.

 

– – – – – – – – – –
Judul Artikel: Sosok Pendidik dan Tugas Mulianya
Oleh: Ustadz Badri Sanusi
Pewarta: Aas Kartini
– – – – – – – – – –
www.daarululuum.co.id
www.youtube.com/user/daarululuum
https://www.facebook.com/daarululuum.co.id/
https://instagram.com/pesantrendaarululuum?igshid=pdeyegelf35b