Daarul Uluum, Istana Pengetahuan Dan Kebijaksanaan

Bertekad menjalankan misinya dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penyiaran Islam, baik khusus maupun umum, dalam bentuk seluas-luasnya.

MARHABAN YÂ RAMADHÂN

———–

Ya Allah…

Inilah dia bulan puasa. Ia sambangi kami bersama sinar, cahaya, kebaikan, dan keberkahan-keberkahannya. Maka, tuntunlah kami, terimalah puasa kami di siang harinya dan ibadah kami di malam-malamnya, serta anugerahilah kami kemampuan beramal saleh sebagaimana yang Engkau sukai dan Engkau ridhai.

Ya Allah…

Sucikanlah jiwa kami dan bersihkanlah amal-amal kami, dengan rahmat-Mu, ya (Allah), Yang Paling Kasih di antara para pelimpah kasih.

Ya Allah…

Sesungguhnya Engkau, di malam-malam bulan Ramadhan, melimpahkan nafahât, mawâhib, dan ‘athiyyât. Maka, limpahkanlah sebagian darinya kepada kami, ya (Allah), Tuhan Pemelihara Semesta Alam.

Allah, semoga, melimpahkan salawat dan salam kepada Muhammad, junjungan kita, pula kepada keluarga dan seluruh sahabatnya.

***

اللّٰهُمَّ هٰذَا هُوَ شَهْرُ الصِّيَامِ، قَدْ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِنُوْرِهِ وَضِيَاءِهِ وَخَيْرِهِ وَبَرَكَاتِهِ، فَوَفِّقْنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَ نَهَارِهِ وَقِيَامَ لَيَالِيْهِ وَأَوْزِعْنَا أَنْ نَعْمَلَ صَالِحًا فِيْمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى. اللّٰهُمَّ زَكِّ نُفُوْسَنَا وَطَهِّرْ أَعْمَالَنَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللّٰهُمَّ إِنَّ لَكَ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ لَيَالِي شَهْرِ رَمَضَانَ مِنْ نَفَحَاتٍ وَمَوَاهِبَ وَعَطِيَّاتٍ، فَامْنَحْنَا مِنْهَا يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

———–

NAFAHÂT:
Rahmat Allah yang dihembuskan pada waktu tertentu, di tempat tertentu. Siapa pun yang berada di sana, dialah yang akan mendapatkannya. Nafahât laksana hujan yang membasahi apapun yang ada di lokasi di mana ia turun.

MAWÂHIB:
Anugerah Allah kepada seseorang atau sekelompok orang yang dapat diberikan secara berulang-ulang walaupun ia atau kelompok orang itu tak memintanya.

‘ATHIYYÂT:
Anugerah Allah kepada seseorang berupa pengabulan doanya sesuai dengan apa yang ia mohonkan, penggantian apa yang ia mohonkan itu dengan sesuatu yang lebih baik di waktu yang tepat, atau penundaan pengabulan doanya itu hingga ke hari kemudian sebagai imbalan atas doanya itu.

———–

MARHABAN YÂ RAMADHÂN

Ustadz Iqbal Harafa,
12 April 2021 M/ 29 Sya’ban 1442 H

———–